Jumat, 13 April 2012

KIAT KIAT AGAR MUDAH MENGERJAKAN SHOLAT MALAM


KIAT KIAT AGAR MUDAH MENGERJAKAN SHOLAT MALAM


Oleh: Al Ustadz Dzulqarnain bin Muhammad Sanusi

Berikut beberapa kiat yang, insya Allah, sangat memudahkan seorang hamba untuk
melaksanakan shalat malam.
Pertama: mengikhlashkan amalan hanya untuk Allah sebagaimana Dia telah memerintahkan
dalam firman-Nya,
وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِیَعْبُدُوا للهََّ مُخْلِصِینَ لَھُ الدِّینَ حُنَفَاءَ وَیُقِیمُوا الصَّلَاةَ وَیُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَ ذَلِكَ دِینُ الْقَیِّمَةِ .
“Padahal mereka tidak disuruh, kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan
kepada-Nya dalam (hal menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat
dan menunaikan zakat. Yang demikian itulah agama yang lurus.” [Al-Bayyinah: 5]
Kedua: mengetahui keutamaan qiyamul lail dan kedudukan orang-orang yang mengerjakan
ibadah tersebut di sisi Allah Ta’ala.
Hal tersebut karena siapa saja yang mengetahui keutamaan ibadah shalat malam, dia akan
bersemangat untuk bermunajat kepada Rabb-nya dan bersimpuh dengan penuh penghambaan
kepada-Nya. Hal ini tentunya dengan mengingat semua keutamaan yang telah diterangkan pada
awal pembahasan buku ini.
Ketiga: meninggalkan dosa dan maksiat karena dosa dan maksiat akan memalingkan hamba dari
kebaikan.
Al-Fudhail bin ‘Iyadh rahimahullah berkata, “Apabila tidak mampu mengerjakan shalat malam
dan puasa pada siang hari, engkau adalah orang yang terhalang dari (kebaikan) lagi terbelenggu.
Dosa-dosamu telah membelenggumu.” [1]
Keempat: menghadirkan di dalam diri bahwa Allah yang menyuruhya untuk menegakkan shalat
malam itu. Bila seorang hamba menyadari bahwa Rabb-nya, yang Maha Kaya lagi tidak
memerlukan sesuatu apapun dari hamba, telah memerintahnya untuk mengerjakan shalat malam
itu, hal itu tentu menunjukkan anjuran yang sangat penting bagi hamba guna mendapatkan
kebaikan untuk dirinya sendiri. Bukankah Allah telah menyeru Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam dan umat beliau dalam firman-Nya,
یَا أَیُّھَا الْمُزَّمِّلُ . قُمِ اللَّیْلَ إِلَّا قَلِیلًا . نِصْفَھُ أَوِ انْقُصْ مِنْھُ قَلِیلًا . أَوْ زِدْ عَلَیْھِ وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِیلًا .
2 Risalah Ilmiyah Ahlus Sunnah
w w w . m e d i a s a l a f . c o m Fiqih
“Wahai orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk mengerjakan shalat) pada
malam hari, kecuali sedikit (dari malam itu), (yaitu) seperduanya atau kurangilah sedikit dari
seperdua itu, atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al-Qur`an itu dengan perlahan-lahan.”
[Al-Muzzammil: 1-4]
Kelima: memperhatikan keadaan kaum salaf dan orang-orang shalih terdahulu, dari kalangan
shahabat, tabi’in, dan setelahnya, tentang keseriusan mereka dalam hal mendulang pahala shalat
malam ini.
Abu Dzar Al-Ghifary radhiyallahu ‘anhu berkata, “Wahai sekalian manusia, sesungguhnya aku
adalah penasihat untuk kalian lagi orang yang sangat mengasihi kalian, kerjakanlah shalat oleh
kalian pada kegelapan malam guna kengerian (alam) kuburan, berpuasalah di dunia untuk terik
panas hari kebangkitan, dan bersedekahlah sebagai rasa takut terhadap hari yang penuh dengan
kesulitan. Wahai sekalian manusia, sesungguhnya aku adalah penasihat untuk kalian lagi orang
yang sangat mengasihi kalian.” [2]
Tsabit bin Aslam Al-Bunany rahimahullah berkata, “Tidak ada hal lezat yang saya temukan
dalam hatiku melebihi qiyamul lail.” [3]
Sufyan Ats-Tsaury rahimahullah berkata, “Apabila malam hari datang, saya pun bergembira.
Bila siang hari datang, saya bersedih.” [4]
Hisyam bin Abi Abdillah Ad-Dastuwa`iy rahimahullah berkata, “Sesungguhnya Allah
mempunyai hamba-hamba yang menolak tidur pada malam hari karena mengkhawatirkan
kematian saat mereka tidur.” [5]
Abu Sulaiman Ad-Darany rahimahullah berkata, “Ahli ketaatan merasa lebih lezat dengan
malam hari mereka daripada orang yang lalai dengan kelalaiannya. Andaikata bukan karena
malam hari, niscaya saya tidak suka tetap hidup di dunia.” [6]
Ketika Yazid Ar-Raqasy rahimahullah mendekati ajalnya, tampak tangisan dari beliau. Saat
ditanya, “Apa yang membuatmu menangis?” Beliau menjawab, “Demi Allah, saya menangisi
segala hal yang telah saya telantarkan berupa shalat lail dan puasa pada siang hari.” Beliau juga
berkata, “… Wahai saudara-saudaraku, janganlah kalian tertipu dengan waktu muda kalian.
Sungguh, bila sesuatu yang menimpaku, berupa kedahsyatan perkara (kematian) dan beratnya
kepedihan maut, telah menimpa kalian, pastilah (kalian) hanya (akan berpikir) untuk
keselamatan dan keselamatan, untuk kehati-hatian dan kehati-hatian. Bersegeralah, wahai
saudara-saudaraku –semoga Allah merahmati kalian-.” [7]
Ishaq bin Suwaid Al-Bashry rahimahullah berkata, “Mereka (para Salaf) memandang bahwa
tamasya (itu) adalah dengan berpuasa pada siang hari dan mengerjakan shalat pada malam hari.”
[8]
3 Risalah Ilmiyah Ahlus Sunnah
w w w . m e d i a s a l a f . c o m Fiqih
Adalah Malik bin Dinar rahimahullah tidak tidur pada malam hari. Ketika ditanya, “Mengapa
saya melihat manusia tidur pada malam hari, sedangkan engkau tidak?” Beliau menjawab,
“Ingatan tentang neraka Jahannam tidak membiarkan aku untuk tidur.” [9]
Mu’adzah bintu Abdillah rahimahallah -yang menghidupkan malamnya dengan mengerjakan
ibadah- berkata, “Saya takjub kepada mata (seseorang) yang tertidur, sedang dia mengetahui
akan panjangnya tidur pada kegelapan kubur.” [10]
Keenam: mengenal semangat syaithan untuk memalingkan manusia dari qiyamul lail. Dalam
hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
یَعْقِدُ الشَّیْطَانُ عَلَى قَافِیَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ ثَلاَثَ عُقَدٍ إِذَا نَامَ بِكُلِّ عُقْدَةٍ یَضْرِبُ عَلَیْكَ لَیْلا طَوِیلاً فَإِذَا اسْتَیْقَظَ فَذَكَرَ للهََّ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ
وَإِذَا تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَتَانِ فَإِذَا صَلَّى انْحَلَّتِ الْعُقَدُ فَأَصْبَحَ نَشِیطًا طَیِّبَ النَّفْسِ وَإِلاَّ أَصْبَحَ خَبِیثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ
“Syaithan mengikat tengkuk kepala salah seorang dari kalian sebanyak tiga ikatan ketika orang
itu sedang tidur. Dia memukul setiap tempat ikatan (seraya berkata), ‘Malam yang panjang atas
engkau, maka tidurlah.’ Apabila orang itu bangun kemudian menyebut nama Allah, terlepaslah
satu ikatan. Apabila orang itu berwudhu, terlepaslah satu ikatan (yang lain). Apabila orang itu
mengerjakan shalat, terlepaslah seluruh ikatannya. Orang itupun berada pada pagi hari dengan
semangat dan jiwa yang baik. Kalau tidak (mengerjakan amalan-amalan tadi), orang itu akan
berada pada pagi hari dalam keadaan jiwa yang jelek dan pemalas.” [11]
Ketujuh: memendekkan angan-angan dan banyak mengingat kematian. Ini adalah kaidah yang
akan memacu semangat hamba dalam pelaksanaan ketaatan dan menghilangkan rasa malas. Dari
Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
memegang bahuku seraya berkata,
كُنْ فِى الدُّنْیَا كَأَنَّكَ غَرِیبٌ ، أَوْ عَابِرُ سَبِیلٍ
‘Jadilah engkau di dunia seperti orang asing atau pengembara yang sekadar berlalu.’.”
Adalah Ibnu Umar berkata setelah itu, “Apabila berada pada waktu sore, janganlah engkau
menunggu waktu pagi, dan, jika engkau berada pada waktu pagi, janganlah engkau menunggu
waktu sore. Ambillah dari waktu sehatmu untuk waktu sakitmu, dan ambillah dari kehidupanmu
untuk kematianmu.” [12]
Kedelapan: mengingat nikmat kesehatan dan waktu luang. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa
sallam bersabda,
نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِیھِمَا كَثِیرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ
4 Risalah Ilmiyah Ahlus Sunnah
w w w . m e d i a s a l a f . c o m Fiqih
“Dua nikmat yang banyak manusia melalaikannya: kesehatan dan waktu luang.” [13]
Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,
Rasulullah bersabda kepada seorang lelaki sembari menasihati lelaki tersebut,
اغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَابَكَ قَبْلَ ھَرَمِكَ ، وَصِحَتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ ، وَغِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ ، وَفَرَاغَكَ قَبْلَ شُغْلِكَ ، وَحَیَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ
“Manfaatkan lima perkara dengan segera sebelum (datang) lima perkara; waktu mudamu
sebelum (datang) waktu tuamu, kesehatanmu sebelum (datang) sakitmu, kekayaanmu sebelum
(datang) kefakiranmu, waktu luangmu sebelum (datang) waktu sibukmu, dan kehidupanmu
sebelum (datang) kematianmu.” [14]
Kesembilan: segera tidur pada awal malam. Dalam hadits Abi Barzakh radhiyallahu ‘anhu,
beliau berkata,
وَكَانَ یَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَھَا وَالْحَدِیثَ بَعْدَھَا
“Adalah (Rasulullah) membenci tidur sebelum (mengerjakan shalat) Isya dan berbincangbincang
setelah (mengerjakan shalat Isya) tersebut.” [15]
Kesepuluh: menjaga etika-etika tidur yang dituntunkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa
sallam, seperti tidur dalam keadaan berwudhu, membaca “tiga qul” (yakni surah Al-Ikhlash, Al-
Falaq, dan An-Nas), ayat kursi, dua ayat terakhir dari surah Al-Baqarah, dzikir-dzikir yang
disyariatkan untuk dibaca ketika tidur, serta tidur dengan bertumpu di atas rusuk kanan.
Kesebelas: menghindari berbagai sebab yang mungkin melalaikan seorang hamba terhadap
shalat malamnya. Para ulama menyebutkan bahwa di antara sebab tersebut adalah terlalu banyak
makan dan minum, terlalu meletihkan diri pada siang hari dengan berbagai amalan yang tidak
bermanfaat, tidak melakukan qailulah (tidur siang), dan selainnya.
Demikian beberapa pembahasan berkaitan dengan tuntunan Qiyamul Lail dan shalat Tarawih.
Mudah-mudahan risalah ini bermanfaat untuk seluruh kaum muslimin dan bisa menjadi pedoman
dalam hal menghidupkan malam-malam penuh berkah pada bulan Ramadhan dan seluruh bulan
lain. Amin, Ya Rabbal ‘Alamin. Wallahu Ta’ala A’lam.
[1] Al-Hilyah karya Abu Nu’aim 8/96.
[2] Az-Zuhd karya Al-Imam Ahmad hal. 148 -dengan perantaraan Ruhbanul Lail 1/328-.
[3] Lihatlah Sifat Ash-Shafwah 2/262 karya Ibnul Jauzy.
[4] Bacalah Al-Jahr wa At-Ta’dil 1/85 karya Ibnu Abi Hatim.
5 Risalah Ilmiyah Ahlus Sunnah
w w w . m e d i a s a l a f . c o m Fiqih
[5] Dikeluarkan oleh Ibnu Abid Dunya, dalam Kitab At-Tahajjud wa Qiyamil Lail no. 61, dan
Muhammad bin Nashr Al-Marwazy, sebagaimana dalam Mukhtashar Qiyamul Lail hal. 57.
[6] Disebutkan oleh Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah 9/275, Ibnul Jauzy dalam Sifat Ash-Shafwah
2/262, dan Al-Khathib dalam Tarikh Baghdad 10/248.
[7] Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asakir dalam Tarikh-nya 65/92.
[8] Dikeluarkan oleh Ibnu Abid Dunya dalam Kitab At-Tahajjud wa Qiyamil Lail no. 35.
[9] Dikeluarkan oleh Ibnu Abid Dunya, dalam Kitab At-Tahajjud wa Qiyamil Lail no. 59, dan
Muhammad bin Nashr Al-Marwazy, sebagaimana dalam Mukhtashar Qiyamul Lail hlm. 76.
[10] Siyar A’lam An-Nubala` 4/509.
[11] Diriwayatkan oleh Al-Bukhary, Muslim, Abu Dawud, An-Nasa`iy, dan Ibnu Majah.
[12] Diriwayatkan oleh Al-Bukhary, At-Tirmidzy, dan Ibnu Majah, hanya saja Ibnu Majah tidak
menyebutkan ucapan Ibnu ‘Umar. Selain itu, ada tambahan pada akhir riwayat hadits beliau, “…
dan hitunglah dirimu dari penghuni kubur.”
[13] Diriwayatkan oleh Al-Bukhary, At-Tirmidzy, dan Ibnu Majah.
[14] Diriwayatkan oleh Al-Hakim dan selainnya. Dishahihkan oleh Al-Albany.
[15] Diriwayatkan oleh Al-Bukhary, Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzy, An-Nasa`iy, dan Ibnu
Majah.
Sumber : www.dzulqarnain.net/kiat-kiat-agar-mudah-mengerjakan-shalat-malam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar