Dalam masalah penerapan sunnah sering dilontarkan
syubhat-syubhat dari ahlul bid’ah yang menyebabkan umat enggan dan tidak
bersemangat untuk mengamalkannya.
Diantaranya syubhat-syubhat yang dipropagandakan oleh para
politikus yang berbaju da’i. Mereka selalu meremehkan masalah fiqih dan
hukum-hukum syari’at dan menganggapnya sebagai perkara remeh dan sepele. Mereka
menganggap pelajaran-pelajaran seperti tauhid uluhiyah, fiqih syari’ah dan
lain-lainnya sebagai kulit (qusyur) dan bukan inti (lubab) dari ajaran agama
ini. Atau mereka menganggapnya sebagai furu’ (cabang) dan bukan perkara ushul
(pokok).
Perhatikan perkataan Abdurrahman Abdul Khaliq ketika
mengkampanyekan pentingnya mengenali situasi politik (shifatul ashr) dalam
kasetnya sebagai berikut: “Sayang sekali pada hari ini kita memiliki
syaikh-syaikh para ulama yang hanya mengerti qusyur (kulit Islam) yang sudah
lewat masanya…..”
Para ulama yang tidak mengetahui shifatul ashr dianggap
sebagai orang-orang yang jumud dan hanya mengerti qusyur atau kulit Islam saja.
Ini merupakan bentuk pelecehan dan meremehkan syariat Allah Subhanahu wa Ta’ala
yang dibawa oleh para ulama tersebut.
Di tempat lain ia menyatakan bahwa para ulama dikatakan
sebagai mumi yang badannya hidup di zaman kita, sedangkan akal dan pikiran
mereka ada di masa lalu. Atau dengan istilah dia yang lain ‘cetakan lama’,
‘ulama haid dan nifas’, dan seterusnya.
Ucapan-ucapan ini sama dengan ucapan seluruh ahlul bid’ah
sejak dahulu, apakah dari kalangan mu’tazilah ataupun yang lainnya. Seperti apa
yang diucapkan oleh ‘Amr bin Ubaid: “Ilmunya imam Syafi’i tidak keluar dari
celana dalam perempuan”. Atau istilah-istilah lain yang lebih mengerikan dari
ini.
Semua perkataan itu bertujuan sama, yaitu merendahkan
ilmu-ilmu fiqih seperti hukum haid, nifas, thaharah, mandi junub, dan segala
hukum-hukum yang berkaitan dengan fiqih. Mereka menganggap bahwa perkara itu
sangat rendah yang seharusnya kita lebih mementingkan perkara yang lebih besar,
yaitu wawasan politik, mengenal situasi politik (shifatul ‘ashr), atau menurut
istilah Ikhwanul Muslimin tsaqafah islamiyah, atau fiqhul waqi’ menurut istilah
sururiyyin, dan sistem kepartaian dan demokrasi serta berbagai macam perkara
yang mereka anggap bisa memenangkan mereka dalam percaturan politik dan
mencapai puncak kekuasaan yang mereka inginkan.
Para ulama membantah syubhat mereka ini dari beberapa sisi:
1. Jika pembagian tersebut bertujuan hanya untuk mementingkan
yang ushul dan meremehkan yang furu’, maka ini adalah pembagian yang batil.
Kita katakan kepada mereka: ”Tidak ada dalam agama ini
perkara yang remeh” seperti dikatakan oleh Imam Malik. Pada suatu saat Imam
Malik pernah ditanya dengan satu pertanyaan, kemudian beliau menjawab: “Saya
tidak tahu”. Mendengar jawaban ini si penanya terheran-heran dan berkata:
“Sesungguhnya ini adalah masalah yang sepele, dan aku bertanya tentang hal ini
semata-mata karena ingin memberi tahu kepada sang amir (penguasa)”. Melihat hal
ini, Imam Malik marah seraya berkata: “Kau katakan ini masalah sepele dan
remeh? Tidak ada dalam agama ini perkara yang remeh! Tidaklah kau mendengar
ucapan Allah Subhanahu wa Ta’ala :
Sesungguhnya Kami akan menurunkan kapadamu perkataan yang berat. (al-Muzammil: 5)
Sesungguhnya Kami akan menurunkan kapadamu perkataan yang berat. (al-Muzammil: 5)
Oleh karena itu seluruh ilmu agama ini semuanya berat,
khususnya karena akan dipertanyakan pada hari kiamat (Tartibul Madariq, Qadli
‘Iyadl 1/184; Lihat Dlarurarul Ihtimam bis Sunnatin Nabawiyyah, hal. 118)
Perhatikanlah ucapan Imam Malik di atas, bahwasanya perkara
agama ini semuanya penting dan berat karena akan dipertanggungjawabkan di
hadapan Allah kelak. Ucapan itu cukup sebagai bantahan terhadap syubhat dari
ahlul bid’ah yang membagi-bagi agama ini menjadi Qusyur wa Lubab (kulit dan
inti), kemudian mereka meremehkan perkara yang mereka anggap qusyur. Demikian
pula sebagian yang lain yang membagi agama ini menjadi Ushul wal Furu’ (Pokok
dan Cabang), dan menganggap remeh masalah furu’ dengan kalimat-kalimat yang
banyak diucapkan seperti: “Inikan masalah furu’, kenapa harus diajarkan?” atau
kalimat: “Janganlah kalian disibukkan dengan masalah furu’” dan lain-lainnya.
Ahlul bid’ah selalu sinis terhadap ahlus sunnah yang
senantiasa mengkaji, mempelajari, menulis masalah-masalah fiqih seperti
gerakan-gerakan shalat atau masalah-masalah fiqih lainnya dan mencemoohkan
mereka dengan kalimat-kalimat di atas.
2. Pembagian ini merupakan pembagian bid’ah yang tidak ada
asalnya.
Dalam hal ini kita dengarkan ucapan Syaikhul Islam Ibnu
Taimiyah rahimahullah: “Adapun pembagian agama ini dengan istilah masalah ushul
dan furu’ adalah pembagian yang tidak ada dasarnya (tidak ada asalnya).
Pembagian itu tidak berasal dari para shahabat, para tabi’in maupun yang
mengikuti mereka dengan ihsan, dan tidak pula dari para imam kaum muslimin.
Istilah ini sesungguhnya diambil dari kaum mu’tazilah dan yang sejenis dengan
mereka dari ahlul bid’ah. Kemudian istilah tersebut dipakai oleh sebagian ahlu
fiqih dalam kitab-kitab mereka, padahal pembagian ini sangat kontradiktif”.
(Masail Maridiniyah, hal. 788; Lihat Dlaruratul Ihtimam, Syaikh Abdus Salam bin
Barjas, hal. 111)
Ibnul Qayyim rahimahullah berkata ketika membicarakan
pembagian agama menjadi ushul dan furu’: “Semua pembagian yang tidak dapat
dibuktikan dengan al-Qur’an dan as-Sunnah serta prinsip-prinsip syariat, hal
itu adalah pembagian yang batil dan harus dibuang. Karena pembagian seperti ini
adalah salah satu dari dasar-dasar kesesatan umat”. (Mukhtashar ash-Shawaiqul
Mursalah, 2/415)
3. Tidak ada definisi yang disepakati oleh mereka sendiri,
manakah yang dimaksud ushul dan mana yang dianggap furu’.
Seperti yang dikatakan oleh Ibnu Taimiyyah diatas, pembagian
ini sangat kontradiktif. Ketika kita tanyakan kepada mereka apakah yang kalian
anggap sebagai ushul ternyata mereka sendiri berselisih pendapat.
Sebagian mereka menganggap masalah keyakinan (aqidah) sebagai ushul dan masalah amaliyah (ibadah) sebagai furu’. Kalau demikian apakah mereka menganggap bahwa shalat sebagai furu’, padahal seluruh umat Islam mengerti bahwa shalat adalah merupakan salah satu prinsip pokok ajaran Islam?
Sebagian mereka menganggap masalah keyakinan (aqidah) sebagai ushul dan masalah amaliyah (ibadah) sebagai furu’. Kalau demikian apakah mereka menganggap bahwa shalat sebagai furu’, padahal seluruh umat Islam mengerti bahwa shalat adalah merupakan salah satu prinsip pokok ajaran Islam?
Sebagian yang lain mengatakan bahwa yang merupakan ushul
adalah perkara-perkara yang meyakinkan (mutawatir), sedangkan yang tidak
mutawatir dianggap sebagai perkara furu’ yang meragukan. Ini pun terbantah
karena masalah keyakinan itu berkaitan dengan ilmu, sehingga berbeda-beda pada
tiap orang. Bagi para ulama yang mengerti ilmu hadits, mereka sangat yakin
terhadap seluruh hadits shahih, apakah ia mutawatir ataupun tidak.
Sebagian yang lain menyatakan bahwa perkara ushul adalah
perkara-perkara yang wajib, sedangkan perkara-perkara yang tidak wajib dianggap
furu’. Kalau begitu apakah boleh kita meremehkan perkara yang tidak wajib?
Sebagian lagi menyatakan bahwa yang merupakan perkara ushul
adalah masalah yang disepakati oleh para ulama, sedangkan masalah furu’ adalah
masalah yang diperselisihkan oleh para ulama. Bahkan sebagian lainnya
menyatakan bahwa seluruh perkara, baik aqidah, ibadah, maupun hukum adalah
furu’, sedangkan intinya adalah bersikap baik terhadap sesama manusia (akhlaq
kemanusiaan).
Ada pula yang menyatakan seperti apa yang banyak diucapkan
akhir-akhir ini bahwa masalah yang merupakan pokok agama ini adalah berjuang
mencapai kekuasaan melalui sistem demokrasi, walaupun harus mengorbankan
prinsip aqidah, ibadah dan akhlaq, karena mereka anggap sebagai furu’.
Akhirnya setiap aliran sesat yang ingin membuang atau
meremehkan suatu masalah akan mengatakan masalah itu adalah furu’.
4. Jika pembagian ini dilakukan bertujuan untuk meremehkan
perkara-perkara yang mereka anggap sebagai furu’, maka ini adalah sebesar-besar
kebatilan, karena Allah memerintahkan kita untuk memeluk agama ini secara
keseluruhan.
Hai orang-orang yang beriman, masuklah kalian ke dalam Islam
secara keseluruhan, dan janganlah kalian turut langkah-langkah setan.
Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu. (alBaqarah: 208)
Menafsirkan ayat di atas, Ibnu Abbas t berkata: “As-Silmi
adalah Islam, sedangkan Kaaffah maknanya adalah keseluruhan”. Berkata Mujahid:
“Amalkanlah seluruh amalan dan seluruh kebaikan”. Juga berkata Ibnu Katsir:
“Allah memerintahkan kepada hamba-hambaNya yang beriman dan yang membenarkan
Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam agar mengambil seluruh syariat-syariat
Islam, mengamalkan seluruh perintah-perintahnya dan meninggalkan seluruh yang
dilarangnya”.
Demikianlah para ulama menafsirkan ayat di atas, yakni
ambillah dari syariat Islam ini secara keseluruhan. Jangan memilih-milih atau
mengambil sebagian dan meremehkan sebagian lainnya. Para ulama tidak membedakan
mana yang ushul dan mana yang furu’. Mereka tidak pula membedakan mana yang
Qusyur dan mana yang Lubab. Kita wajib mengambilnya secara keseluruhan sebagai
agama Allah yang mulia dan kita wajib menghormatinya. Jika hal itu perkara
wajib, maka kita harus mengamalkannya. Dan jika hal itu adalah perkara yang
mustahab, maka kita dianjurkan untuk mengamalkannya. Kalaupun kita tidak
mengamalkannya (karena bukan wajib), kita tetap tidak boleh merendahkannya dan
menganggapnya sebagai perkara yang sepele dengan menyebutkan sebagai perkara
furu’, qusyur, juziyyat dan istilah-istilah yang lainnya.
4. Kerasnya para shahabat kepada orang-orang yang meremehkan
sunnah, walaupun pada perkara-perkara yang dianggap furu’.
Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar raidyallahu ‘anhu,
ketika beliau berkata bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:
“Janganlah kamu cegah perempuan-perempuan kalian (untuk)
mendatangi masjid.” (HR. Bukhari Muslim)
Kemudian berkatalah anaknya: “Demi Allah, aku akan melarang mereka ke masjid”. Mendengar ucapan tersebut Ibnu Umar marah dan memaki anaknya dengan caci makian yang tidak pernah diucapkan sebelumnya, seraya berkata: “Saya katakan ‘Rasulullah berkata’, kemudian kamu mengatakan: “Demi Allah akan saya larang?!”
Dalam riwayat lain dari Ibnu Umar bahwasanya ia berkata: “Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:
”
Izinkanlah oleh kalian wanita-wanita pergi ke masjid”.
Maka berkatalah anaknya: “Kalau begitu mereka akan mengambilnya sebagai permainan”. Maka Ibnu Umar pun memukul dadanya seraya berkata: “Aku sampaikan kepadamu dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam , kamudian kamu mengatakan: “Tidak?!!””
Berkata Imam Nawawi (mengomentari riwayat di atas): “Padanya ada dalil untuk menghukum orang yang menentang sunnah dan yang membantah dengan akal pikirannya”.
Kemudian berkatalah anaknya: “Demi Allah, aku akan melarang mereka ke masjid”. Mendengar ucapan tersebut Ibnu Umar marah dan memaki anaknya dengan caci makian yang tidak pernah diucapkan sebelumnya, seraya berkata: “Saya katakan ‘Rasulullah berkata’, kemudian kamu mengatakan: “Demi Allah akan saya larang?!”
Dalam riwayat lain dari Ibnu Umar bahwasanya ia berkata: “Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:
”
Izinkanlah oleh kalian wanita-wanita pergi ke masjid”.
Maka berkatalah anaknya: “Kalau begitu mereka akan mengambilnya sebagai permainan”. Maka Ibnu Umar pun memukul dadanya seraya berkata: “Aku sampaikan kepadamu dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam , kamudian kamu mengatakan: “Tidak?!!””
Berkata Imam Nawawi (mengomentari riwayat di atas): “Padanya ada dalil untuk menghukum orang yang menentang sunnah dan yang membantah dengan akal pikirannya”.
Wallahu a’lam.
(Dikutip dari Buletin Dakwah MANHAJ SALAF, Edisi: 21/Th. I
tgl 20 Muharram 1425 H/12 Maret 2004 M, judul asli “Tidak ada masalah sepele
dalam agama ini”, penulis ustadz Muhammad Umar as Sewed,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar